ALT/TEXT GAMBAR PPC Iklan Blogger Indonesia
Loading...

Penanganan Jalan Nasional Mendapatkan SAL Rp 9,6 T


Kamis , 10 Mei 2012 
Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mendapatkan Sisa Anggaran Lebih (SAL) sebesar Rp 9,6 triliun yang sebagian besar akan dianggarkan untuk 6 provinsi di wilayah timur Indonesia.
Hal tersebut untuk mendukung target di akhir tahun 2012 akan keseimbangan kondisi jalan nasional di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini kondisi jalan nasional yang mantap mencapai 89 %, dan di akhir tahun 2012 ditargetkan 90,5% mantap untuk mencapai secara bertahap pada tahun 2014 kondisi jalan mantap mencapai 94% dari keseluruhan 38.500 km jalan nasional.
“Sekarang ini sedang kita upayakan dengan  kerja keras, sehingga pada 2014, 94% rata-rata jalan nasional mantap, kami optimis karena dalam tahun anggaran 2012 untuk 6 provinsi yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat akan mendapat suntikan dana SAL,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PU, Djoko Murjanto hari ini (10/5).
Djoko menambahkan bahwa untuk Papua dan Papua Barat sendiri mendapatkan Rp 4,5 trilliun dari keseluruhan SAL tersebut. Hal ini untuk mendukung pembangunan jaringan jalan yang menghubungkan antar pusat kegiatan dan pelabuhan, membuka keterisolasian Pegunungan Tengah serta kawasan perbatasan.
“Targetnya di akhir tahun 2013 sudah bisa menembus pegunungan tengah Papua, karena di pegunungan tersebut ada pemukiman, sehingga dengan adanya akses jalan tersebut mudah-mudahan dapat menurunkan harga kebutuhan pokok disana,” tambah Djoko.
Djoko menjelaskan data kerusakan jalan nasional yang terbagi menjadi 3 wilayah. Wilayah satu meliputi Pulau Sumatra mengalami kerusakan 11,84%. Wilayah dua yang meliputi Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan mengalami kerusakan 7,97%. Wilayah tiga yang meliputi wilayah Timur Sulawesi, Maluku, Papua mengalami kerusakan 17,72% dari keseluruhan total.
“Perbaikan jalan yang dilakukan diharapkan dapat membantu percepatan pertumbuhan ekonomi, atau memberikan kontribusi terhadap program MP3EI, yang memang saat ini merupakan program prioritas Dirjen Bina Marga,” tambah Djoko. (nrm)
Sumber : http://www.pu.go.id/main/view/7565

Share : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Page Load

Terima kasih telah membaca artikel Maz Dani tentang Penanganan Jalan Nasional Mendapatkan SAL Rp 9,6 T dengan url https://dubraw735.blogspot.com/2012/05/penanganan-jalan-nasional-mendapatkan.html, Semoga Artikel Penanganan Jalan Nasional Mendapatkan SAL Rp 9,6 T bermanfaat bagi diri saya dan anda.

2 komentar:

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam,dimohon untuk tidak meletakan link aktif dalam komentar!!!
Klik Subscribe by email jika ingin mengetahui update komentar pada artikel ini, thank you for visiting

Ttd : Dani Setiadi