ALT/TEXT GAMBAR PPC Iklan Blogger Indonesia
Loading...

7 kebiasaan baik menjadi manusia Produktif (Seven Habits)

Seven Habits of Highly Effective People (Stephen R. Covey)

Inilah buku motifator atau How To atau Kaifa yang paling banyak diaminati oleh sebagian besar orang. Kognitif Attact yang ada di dalamnya cukup membuat setiap orang mengangguki dan ingin melaksanakan setiap anjurannya. Bahkan seminar dan pelatihanpun sering diadakan untuk melakukan anjuran-anjuran Stephen R. Covey ini. Pada awalnya saya pun tidak tau ketika pada suatu hari saya di beri saran oleh supervisor saya untuk membaca seven habits ini(bacaan ringan katanya)karena penasaran saya pun mulai browsing2 dan saya disini ingin berbagi dengan kalian agar motivasi anda bisa bangkit dan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya , mari sama sama belajar berikut ringkasan yang saya tulis

TUJUH (7) KEBIASAAN MENJADI MASNUSIA PRODUKTIFDAN  EFEKTIF

Kebiasaan 1 : Jadilah Proaktif

Bersikap proaktif adalah lebih dari sekedar mengambil inisiatif. Bersikap proaktif artinya bertanggung jawab atas perilaku  dan kehidupan  kita sendiri (di masa lalu, di masa sekarang, maupun di masa mendatang)tidak menyalahkan situasi ataupun keadaan, lebih memusatkan perhatian pada hal hal yang bisa kita perbaiki. Orang-orang proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan dan memilih untuk tidak menjadi korban, untuk tidak bersikap reaktif, untuk tidak menyalahkan orang lain. Mereka lakukan ini dengan mengembangkan serta menggunakan keempat karunia manusia yang unik – kesadaran diri, hati nurani, daya imajinasi, dan kehendak bebas – dan dengan menggunakan Pendekatan Dari Dalam Ke Luar untuk menciptakan perubahan. Mereka bertekad menjadi daya pendorong kreatif dalam hidup mereka sendiri, yang adalah keputusan paling mendasar yang bisa diambil setiap orang.

Kebiasaan 2 : Merujuk pada Tujuan Akhir

Segalanya diciptakan dua kali – pertama secara mental, kedua secara fisik(nyata). Individu, keluarga, tim, dan organisasi, membentuk masa depannya masing-masing dengan terlebih dulu menciptakan visi serta tujuan setiap proyek secara mental. Mereka bukan menjalani kehidupannya hari demi hari tanpa tujuan-tujuan yang jelas dalam benak mereka. Secara mental mereka identifikasikan prinsip-prinsip, nilai-nilai, hubungan-hubungan, dan tujuan-tujuan yang paling penting bagi mereka sendiri dan membuat komitmen terhadap diri sendiri untuk melaksanakannya. Suatu pernyataan misi adalah bentuk tertinggi dari penciptaan secara mental, yang dapat disusun oleh seorang individu, keluarga, atau organisasi. Pernyataaan misi ini adalah keputusan utama, karena melandasi keputusan-keputusan lainnya. Menciptakan budaya kesamaan  visi misi, dan nilai-nilai, adalah inti dari kepemimpinan.
mampu menggambarkan hasil akhir yang ingin dicapai secara jelas

Kebiasaan 3 : Dahulukan yang Utama

Mendahulukan yang utama artinya Fokus pada Prioritas kenapa begitu? karena dari yang saya alami kita sulit menyelesaikan semua hal yang hinggap ditangan kita

Kebiasaan 4 : Berpikir Menang/Menang 

Berpikir menang dan menang bukan menang dan kalah artinya cara berpikir yang berusaha mencapai keuntungan bersama, dan didasarkan pada sikap saling menghormati dalam semua interaksi. Berpikir menang/menang artinya tidak berpikir egois (menang/kalah) atau berpikir seperti martir (kalah/menang). Dalam kehidupan bekerja maupun keluarga, para anggotanya berpikir secara saling tergantung – dengan istilah “kita”, bukannya “aku”. Berpikir menang/menang mendorong penyelesaian konflik dan membantu masing-masing individu untuk mencari solusi-solusi yang sama-sama menguntungkan. Berpikir menang/menang artinya berbagi informasi, kekuasaan, pengakuan, dan imbalan. selalu mengutamakan kerja sama dan sifat kooperatif

Kebiasaan 5 : Berusaha untuk Memahami Terlebih dulu, Baru Dipahami

jangan selalu ingin di mengerti berusahalah melihat dari sudut pandang dan pemahaman orang lain karena hal yang kita anggap benar belum tentu benar juga di mata orang lain Kalau kita mendengarkan dengan seksama, untuk memahami orang lain, ketimbang untuk menanggapinya, kita memulai komunikasi sejati dan membangun hubungan. Kalau orang lain merasa dipahami, mereka merasa ditegaskan dan dihargai, mau membuka diri, sehingga peluang untuk berbicara secara terbuka serta dipahami terjadi lebih alami dan mudah. Berusaha memahami ini menuntut kemurahan; berusaha dipahami menuntut keberanian. Keefektifan terletak dalam keseimbangan di antara keduanya.

Kebiasaan 6 : Wujudkan Sinergi

Sinergi adalah menggabungkan kekuatan kita dan orang lain untuk berkarya dan berinovasi bukan untuk bersaing, menjatuhkan orang lain apa lagi menyalahkan orang lain, Memanfaatkan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah, memanfaatkan peluang. Tim-tim serta keluarga-keluarga yang sinergis memanfaatkan kekuatan masing-masing individu sehingga secara keseluruhannya lebih besar seperti ini mengenyampingkan sikap saling merugikan (1 + 1 = 1/2). Mereka tidak puas dengan kompromi (1 + 1 = 1 ½), atau sekedar kerjasama (1 + 1 = 2). Melainkan, mereka kejar kerjasama yang kreatif (1 + 1 = 3 atau lebih).

Kebiasaan 7 : Mengasah Gergaji

Mengasah gergaji adalah soal memperbaharui diri terus-menerus dalam keempat bidang kehidupan dasar: fisik, sosial/emosional, mental, dan rohaniah. Kebiasaan inilah yang meningkatkan kapasitas kita utnuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan efektif lainnya. Bagi sebuah organisasi, Kebiasaan 7 menggalakkan visi, pembaharuan, perbaikan terus-menerus, kewaspadaan terhadap kelelahan atau kemerosotan moral, dan memposisikan organisasinya di jalan pertumbuhan yang baru. Bagi sebuah keluarga, Kebiasaan 7 meningkatkan keefektifan lewat kegiatan-kegiatan pribadi maupun keluarga secara berkala, seperti membentuk tradisi-tradisi yang merangsang semangat pembaharuan keluarga.

Share : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Page Load

Terima kasih telah membaca artikel Maz Dani tentang 7 kebiasaan baik menjadi manusia Produktif (Seven Habits) dengan url https://dubraw735.blogspot.com/2014/03/7-kebiasaan-baik-menjadi-manusia.html, Semoga Artikel 7 kebiasaan baik menjadi manusia Produktif (Seven Habits) bermanfaat bagi diri saya dan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam,dimohon untuk tidak meletakan link aktif dalam komentar!!!
Klik Subscribe by email jika ingin mengetahui update komentar pada artikel ini, thank you for visiting

Ttd : Dani Setiadi