ALT/TEXT GAMBAR PPC Iklan Blogger Indonesia
Loading...

Macam Majas Dalam Bahasa indonesia

Macam Majas Dalam Bahasa indonesia, Mungkin kita pernah mendengar berbagai macam majas dalam bahasa indonesia yang belum kita tau artinya untuk itu disini Maz Dani akan membahas beberapa majas dalam bahasa indonesia

-SIMILE / ASOSIASI (perumpamaan) ð dua hal itu dibandingkan denganm enggunakankata keterangan perbandingan: umpama, seperti, ibarat, laksana, bak, bagai
Contoh:  
  1. Mukanya pucat bagai mayat.
  2. Hatinya memang lembut seperti sutera.
  3. Anak itu kebingungan seperti rusa masuk kampung.
  4. Pendirian anak itu ibarat air di atas daun talas.
  5. Mereka bagaikan anak ayam kehilangan induknya.
  6. Pengetahuan anak itu sangat picik seperti katak dalam tempurung.
  7. kedua orang itu sungguh serasi seperti api dengan asap.
  8. Keadaan keluarganya seperti telur di ujung tanduk.




  1.  -METAFORA  dua hal itu dibandingkan dengan tidak menggunakan kata-kata perbandingan seperti tersebut di atas. Majas yang menggantikan suatu benda dengan kata lain yang memiliki kesamaan sifat
Contoh:
  1. Jangan dekati buaya darat itu.
  2. Si jago merah telah melalap sebuah gedung mewah.
  3. Pemuda adalah tulang punggung negara.
  4. Semangatnya membaja untuk mencapai cita-cita. 
  5. Kuli tinta itu mengejar-ngejar tokoh reformasi. 
  6. Citra menjadi anak emas guruku. 
  7. Mahasiswa adalah motor penggerak reformasi. 
  8. Grup band Radja sedang naik daun

PERSONIFIKASI membandingkan antara benda tak bernyawa dengan benda bernyawa.
Contoh: 
  1. Kereta malam menjerit-jerit.
  2. Padi merunduk, menghormat petani. 
  3. Ombak menuju pantai. Bulan bersembunyi di balik awan. 
  4. Deretan pohon bambu mengalunkan lagu alam yang merdu. 
  5. O, angin sampaikanlah rasa rinduku kepadanya. 
  6. Mobilnya batuk-batuk sejak tadi padi.
  7. Tatapan matanya menjeritkan penderitaan.

-HIPERBOLA Majas hiperbola adalah gaya bahasa yang mengandung suatu pernyataan yang dilebih-lebihkan. Contoh : Harga barang yang melangit menyusahkan rakyat.

-LITOTES adalah menyatakan sesuatu dengan mengurangi keadaan sebenarnya dengan maksud untuk merendahkan diri kepada lawan bicara. Contoh Silakan singgah ke gubuk kami. 
     


-METONIMIA Metonimia adalah gaya bahasa yang mempergunakan sebuah kata untuk menyatakan suatu hal lain karena mempunya pertalian yang sangat dekat. Majas ini mengemukakan suatu merek dagang atau nama barang untuk melukiskan sesuatu yang dipergunakan atau dikerjakan sehingga kata itu berasosiasi dengan benda secara keseluruhan. Contoh : Orang itu sedang mengisap gudang garam.

-SINEKDOKE PARS PROTOTO adalah sesuatu yang disebut sebagian sedangkan yang dimaksud adalah keseluruhan. Contoh : Sejak tadi ia tidak kelihatan batang hidungnya.

-SINEKDOKE TOTEM PROPARTE Sinekdoke totem proparte adalah sesuatu yang disebut keseluruhan sedangkan yang dimaksudkan adalah sebagian. Contoh : Indonesia menjadi juara umum dalam ASEAN Games.

-EUFEMISME Eufemisme adalah gaya bahasa dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan halus untuk menggantikan kata-kata yang dirasakan kasar supaya tidak menyinggung perasaan orang lain. Contoh : Maaf, permisi ke belakang sebentar. 

-IRONI Ironi adalah gaya bahasa sindiran yang menyatakan sebaliknya dengan maksud menyindir. Contoh : Merdu benar suaramu, hingga terbangun aku.

Share : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Page Load

Terima kasih telah membaca artikel Maz Dani tentang Macam Majas Dalam Bahasa indonesia dengan url http://dubraw735.blogspot.com/2012/04/macam-majas-dalam-bahasa-indonesia.html, Semoga Artikel Macam Majas Dalam Bahasa indonesia bermanfaat bagi diri saya dan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam,dimohon untuk tidak meletakan link aktif dalam komentar!!!
Klik Subscribe by email jika ingin mengetahui update komentar pada artikel ini, thank you for visiting

Ttd : Dani Setiadi