ALT/TEXT GAMBAR PPC Iklan Blogger Indonesia
Loading...

Empat ISI Ditugasi Membangun ISBI


Banjarmasin --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program untuk memperluas tugas Institut Seni Indonesia (ISI) dengan menambahkan fungsi budaya di dalamnya, sehingga namanya menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI). Tahap awal, empat ISI yang ada saat ini akan ditugasi membangun ISBI baru.
Demikian disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, saat bertemu dengan seniman dan dinas pendidikan Banjarmasin pada Forum Grup Diskusi di Banjarmasin, Selasa (22/05).

Keempat ISI tersebut adalah, ISI Padang Panjang membangun ISBI Aceh; ISI Yogyakarta dengan ISBI Kalimantan; ISI Solo, Surakarta dengan ISBI Makassar, Sulawesi Selatan dan ISI Denpasar dengan ISBI Papua.

Adapun tujuan mendirikan ISBI, kata Ibnu, diharapkan menjadi salah satu sarana pengembangan warisan budaya bangsa dan dapat menghasilkan sarjana dan budaya yang peka dan tanggap terhadap masalah sosial, budaya, etika, moral dan akademis. ISBI akan menjawab permasalahan strategis pada penataan SDM seni dan budaya. “Diharapkan ISBI dapat membangun insan-insan Indonesia yang bangga dengan kesenian,” katanya.

Fungsi ISBI, lebih lanjut setidaknya ada delapan aspek. Yaitu, pertama, melestarikan, melahirkan produk seni dan budaya serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Kedua, mengembangkan seni dan budaya lokal. Ketiga, menjaga dan merawat warisan budaya. Keempat,  Memperkuat hubungan antar bangsa. Kelima, menggali dan merawat produk bangsa. Keenam, memperomosikan dan membangun warisan budaya. Ketujuh, mewadahi kreasi produk seni dan budaya. Dan kedelapan, meningkatkan kesejahteraan rakyat. (JS)

http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/349

Share : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Page Load

Terima kasih telah membaca artikel Maz Dani tentang Empat ISI Ditugasi Membangun ISBI dengan url http://dubraw735.blogspot.com/2012/05/empat-isi-ditugasi-membangun-isbi.html, Semoga Artikel Empat ISI Ditugasi Membangun ISBI bermanfaat bagi diri saya dan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam,dimohon untuk tidak meletakan link aktif dalam komentar!!!
Klik Subscribe by email jika ingin mengetahui update komentar pada artikel ini, thank you for visiting

Ttd : Dani Setiadi