ALT/TEXT GAMBAR PPC Iklan Blogger Indonesia
Loading...

Emas Layak Jadi Cadangan Devisa

Selain harga yang stabil, keuntungan emas adalah likuid. Perdagangan emas sangat mudah. VIVAnews - Di tengah kondisi perekonomian global yang tak menentu, emas bisa menjadi pilihan cadangan devisa yang menarik. Logam mulia ini masih menjanjikan kestabilan harga, tidak seperti mata uang dolar AS yang selama ini dipakai.


"Dengan pasokan terbatas dan tidak bisa diproduksi massal, harga emas akan tetap stabil," kata Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Destry Damayanti, dalam acara "Macroeconomic & Market Outlook 2012" di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu 23 Mei 2012.


Selain harga yang stabil, keuntungan emas adalah likuid. Perdagangan emas sangat mudah, tidak seperti komoditas-komoditas yang lain.


Menurut Destry, beberapa negara sudah menyimpan emas sebagai bentuk cadangan devisa negara. Indonesia, dia melanjutkan, sudah memiliki cadangan emas, namun sedikit.


Namun demikian, beberapa waktu lalu, Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, mengaku enggan menambah cadangan devisa dalam bentuk emas. Alasannya, harga emas sudah melambung terlalu tinggi.
"Emas sudah makin mahal. Kami sudah memiliki cadangan devisa dalam bentuk emas yang cukup besar," ujar Darmin di Gedung BI, Jakarta, Jumat 19 Agustus 2011.


Darmin menjelaskan, cadangan devisa dalam bentuk emas juga membutuhkan penyimpanan khusus. Selama ini, cadangan devisa terdiri atas mata uang dolar dan nondolar AS. Untuk nondolar, BI menempatkan dananya dalam instrumen surat berharga negara di pasar negara berkembang yang dianggap memiliki perekonomian kuat.


Menurut dia, diversifikasi cadangan devisa sudah mulai berimbang antara dolar dan nondolar AS. "Walaupun dolar lebih sedikit besar, komposisinya sudah mulai mendekati berimbang,” katanya.


BI mencatat cadangan devisa April mencapai US$114,9 miliar atau setara dengan 7,75 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Cadangan ini meningkat dibandingkan akhir Maret yang hanya US$110,5 miliar. (art)


sumber : http://bisnis.vivanews.com/news/read/316348-emas-layak-jadi-cadangan-devisa

Share : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Page Load

Terima kasih telah membaca artikel Maz Dani tentang Emas Layak Jadi Cadangan Devisa dengan url https://dubraw735.blogspot.com/2012/05/emas-layak-jadi-cadangan-devisa.html, Semoga Artikel Emas Layak Jadi Cadangan Devisa bermanfaat bagi diri saya dan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam,dimohon untuk tidak meletakan link aktif dalam komentar!!!
Klik Subscribe by email jika ingin mengetahui update komentar pada artikel ini, thank you for visiting

Ttd : Dani Setiadi